10 Tempat Wisata Terbaik di Indonesia 2020


Liburan adalah salah satu cara paling jitu untuk melepas stres akibat rutinitas dan pekerjaan yang menjemukan. Tidak perlu melancong ke luar negeri atau menghabiskan uang di pusat-pusat perbelanjaan mahal, sebab Indonesia juga punya banyak sekali tempat menarik yang menunggu untuk segera Anda jelajahi.
Dari sekian banyak objek wisata di Indonesia favorit yang sering dikunjungi, beberapa diantaranya bahkan sudah terkenal hingga ke seluruh dunia lho! Mau tahu apa aja itu? Yuk, telusuri ragam tempat wisata Indonesia yang terkenal di dunia versi majalah Rabka:

1. Raja Ampat, Papua

Bagian timur Indonesia memiliki caranya sendiri untuk memikat hati para wisatawan. Hamparan kepulauan hijau nan memukau menjadi sebuah tempat wisata Indonesia yang bukan hanya menarik untuk dikunjungi, tetapi juga sulit untuk dilupakan. Ya, Kepulauan Raja Ampat memang menjadi sebuah tempat wisata Indonesia yang menjadi destinasi berlibur kelas dunia.

Manjakanlah mata Anda dengan pemandangan gugusan pulau karang yang kecil dan ditumbuhi pepohonan di Kepulauan Wayag yang terletak di Desa Waigeo Barat. Setelah itu, kunjungi Pulau Misool, satu dari empat pulau terbesar di Raja Ampat yang berbatasan dengan Laut Seram dan perairan lepas dan menjadi jalur lintas hewan besar seperti ikan paus. Berbicara mengenai biota laut, Anda pun dapat menyapa pari manta, hewan cantik yang senang bersolek. Sebagai sebuah tempat wisata Indonesia yang menghadirkan paket lengkap mulai dari pemandangan eksotis dan juga kuliner yang menarik, sebaiknya Anda tidak pulang sebelum menikmati makanan khas di sana yang dapat dibilang cukup ekstrem.

2. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau dengan keindahan yang tidak tertandingi ini merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria. Danau Toba sudah lama terkenal sebagai salah satu objek wisata Indonesia favorit yang sering dikunjungi sejak tahun 1980-an lho!
Objek wisata Nusantara yang terkenal di Dunia ini memiliki luas 1.145 kilometer persegi dan sebenarnya lebih tepat disebut laut karena dengan luas sebesar itu di tengahnya terdapat pulau Samosir yang luasnya hampir sebanding dengan negara Singapura.

3. Bedugul, Bali

Jika ditanya soal berwisata atau liburan, pasti banyak di antara kalian yang langsung memikirkan pulau Bali. Ya, Bali memiliki identitas sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Bahkan, popularitasnya sebagai tempat berlibur telah dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.
Bedugul adalah sebuah kawasan wisata dengan danau dan gunung di Bali, Saking terkenalnya Bedugul, bahkan di satu kawasan pariwisata terdapat 2 objek wisata favorit wisatawan Indonesia yaitu pura Ulun Danu Bratan dan Kebun Raya Bali.

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Bagi Anda yang minat dengan desir ombak dan lautan nan cantik, Wakatobi adalah destinasi yang dapat menghadirkan pengalaman bahari yang menyenangkan. Anda dapat mengisi waktu liburan di Wakatobi dengan kegiatan-kegiatan seru seperti berenang, snorkeling, memancing, dan tentunya menikmati keindahan bawah laut dengan diving. Tempat wisata Indonesia yang satu ini terdiri dari 141 pulau eksotis dengan empat pulau utama yakni Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Dengan keindahan kehidupan bawah lautnya, Wakatobi akrab dikenal sebagai oleh para penyelam kelas dunia. Saat berada di sana, sempatkanlah berkunjung ke Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi, spot taman laut yang mempunyai beragam spesies dari 25 gugusan terumbu karang yang tersebar di seluruh daerah Wakatobi.
Meskipun pesona bawah lautnya yang terkenal, Anda pun akan disajikan dengan seni dan budaya yang kaya, misalnya berbagai tarian seperti tarian perang suku Buton. Tinggal di Desa suku Bajo, yakni perumahan di atas laut juga akan menjadi sebuah pengalaman yang tak terlupakan.

5. Pulau Sabang, Aceh

Saat ini Sabang menjelma menjadi destinasi wisata bahari Indonesia yang menawarkan surga bagi para penyelam. Di sini Anda dapat menikmati alam bawah lautnya dengan menyelam untuk menemukan ratusan spesies ikan dan kekayaan terumbu karang alami yang bukan ditanam atau budidaya.
Pulau Sabang di Aceh menawarkan wisata pantai yang membuat wisatawan tidak pernah lelah menjelajah.
Mulai dari pantai yang menawarkan pantai biru nan jernih, pantai dengan pasir hitam yang halus hingga pemandangan bawah laut yang memukau. 
Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pulau Sabang, tiga destinasi pantai ini cukup memberikan ragam dengan keunikannya masing-masing.

6. Pulau Lihaga, Sulawesi Utara

Sulawesi Utara memang dikenal dengan surga wisata bahari dan Pulau Lihaga merupakan salah satu tempat wisata di Minahasa Utara yang sayang untuk tidak dikunjungi apabila anda sedang berada di Sulawesi Utara. Secara administrasi pulau seluas kurang lebih 8 hektar berada di Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Utara.
Dengan air laut sebening kristal, kamu wajib banget menjajal snorkeling ataupun diving di perairan sekitar pulau Lihaga. Terumbu karang dan pemandangan bawah laut di sini enggak kalah elok dengan spot diving di Indonesia yang lebih dulu mendunia, lho.

7. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Destinasi wisata Indonesia yang tersohor di mata dunia selanjutnya adalah Pulau Komodo. Pulau yang berlokasi di Kepulauan Nusa Tenggara Timur ini merupakan rumah bagi ratusan Komodo, hewan endemik yang dilindungi di Indonesia.
Selain bisa mengamati perilaku dan mengeksplorasi habitat dari hewan purba ini, Pulau Komodo juga menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah pantai dengan pasir berwarna merah muda yang dikenal dengan nama “Pink Beach“. Di dunia sendiri pantai seperti ini hanya terdapat tujuh di seluruh dunia menjadikannya sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia yang mendunia

8. Gunung Bromo, Jawa Timur

Salah satu gunung berapi yang masih aktif ini memiliki pesona  dengan dikelilingi pasir laut yang luas. Meskipun bukan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, namun keindahan Gunung Bromo tidak ada duanya dan membuat para pengunjung dapat merasakan pemandangan yang fantastis dan spektakuler.
Wisatawan dapat berkuda dan mendaki gunung bromo untuk menikmati keindahan yang menawan saat matahari terbit dan terbenam. Dengan keindahan yang menakjubkan itu tidak heran jika objek wisata di Indonesia satu ini menjadi para wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

9. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Salah satu ikon wisata budaya Indonesia yang mendunia lainnya adalah Candi Borobudur. Sebagai candi Budha terbesar di dunia dengan luas tak kurang dari 123 X 123 meter, objek wisata populer asal Indonesia yang berada di Magelang ini merupakan warisan budaya dan sejarah Indonesia yang terkenal akan arsitektur yang memukau.
Setiap tahunnya, tak cuma wisatawan domestik tetapi banyak juga wisatawan asing yang tertarik untuk mengamati keindahan dari Candi Borobudur. Berbagai relief yang menceritakan mengenai berbagai ajaran dalam agama Budha dan perjalanan hidup Sidharta Gautama hingga mencapai pencerahan sempurna bisa di temukan di tempat wisata favorit asal Indonesia.

10. Gunung Kerinci, Jambi

Gunung Kerinci menjadi salah satu destinasi pendakian yang menantang nyali. Tidak mengherankan, banyak pendaki yang termotivasi untuk bisa menginjakkan kaki di atap Kerinci.
Agar pendakian sukses dilakukan, segala hal harus dipersiapkan dengan matang. Persiapan fisik, perlengkapan pendakian, termasuk pengetahuan dasar tentang struktur, lanskap, atau fakta Gunung Kerinci yang belum Anda tahu.
Demikian 10 tempat wisata terbaik di Indonesia versi majalah Rabka yang perlu kamu pahami dan kalau bisa perlu kamu kunjungi sebagai warga Indonesia. Indonesia kaya akan budaya, kesenian dan tempat wisata yang sangat indah dan memukau.

Komentar